Pasir Silika Halus ~ Adywater

Iklan 728x90

Dapatkan Ilmu, Info, dan Konsultasi Gratis Seputar Water & Air Treatment, Pengolahan Limbah, Media Filter, Produk dan Jasa Pengolahan Limbah, Lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, Membran Reverse Osmosis, Cartridges, dll di Channel Telegram Adywater. Silakan Klik gambar di bawah ini.
Channel Telegram Adywater

Pasir Silika Halus ~ Adywater


Ini Dia 7 Ciri-Ciri Pasir Silika yang Efektif untuk Filter Air!

Sebelum berbicara tentang ciri-ciri pasir silika, pernahkah Anda mengenal nama pasir silika? Ya, pasir yang seringkali digunakan sebagai material filter air ini berbeda dengan pasir biasa. Tidak hanya untuk material filter air, melainkan bisa pula digunakan sebagai sandblasting, yaitu menyemprotkan pasir silika pada besi berkarat dengan tekanan tinggi. Pasir silika juga bisa digunakan sebagai campuran dalam pembuatan struktur bangunan. Artikel ini akan menjelaskan pada Anda ciri-ciri pasir silika yang efektif untuk filter air!

Ciri-ciri pasir silika pertama: mengandung kemurnian zat silikat (SiO2)

Pasir silikat yang baik adalah yang memiliki kemurnian zat silikat atau SiO2 dengan kemurnian 74,7% (standar industri); namun untuk pembuatan kaca harus 99% hingga 100%. Zat silikat terdiri dari satu atom Silikon dan dua atom Oksigen, biasa disebut di Indonesia dengan nama Kuarsa (Quartz).

Ciri-ciri pasir silika kedua: memiliki ukuran yang seragam

Pasir silika yang efektif untuk dimasukkan ke tabung filter air haruslah memiliki ukuran yang seragam, atau biasa disebut dengan ukuran mesh. Diantara mesh pasir silika standar adalah mesh 8, 10, 16, 20, 30, 50, 100, 200, dan 400. Ady Water jual pasir silika dengan variasi mesh yang Anda butuhkan. 

Ciri-ciri pasir silika ketiga: pasir silika 'bersih'

Yang dimaksud pasir silika bersih adalah bersih dari lumut, lumpur, tanah, atau berbagai material lainnya dalam suatu paket pasir silika yang digunakan.

Ciri-ciri pasir silika keempat: pasir silika berwarna coklat, oranye, atau putih

Tergantung asal pasir silika apakah dari Bangka atau Lampung, warna yang dimilliki bisa kecoklatan, oranye, atau bahkan putih.

Ciri-ciri pasir silika kelima: memiliki standar 'roundness'

Roundness atau kebulatan adalah standar fisik dari material pasir, seperti pasir aktif (greensand) ataupun pasir silika. Untuk kebutuhan industri, minimal roundness bernilai 0,7. 

Ciri-ciri pasir silika keenam: memiliki kekuatan standar

Kekuatan standar bagi pasir silika memiliki satuan massa yang dibutuhkan untuk memecahkan partikel. Untuk kebutuhan industri, minimal kekuatannya adalah 25 hingga 200 LB per partikel. 

Ciri-ciri pasir silika ketujuh: memiliki specific gravity standar

Specific gravity adalah indikator kemudahan partikel untuk berpindah dalam larutan. Maksimal untuk pasir silika filter air adalah 2,7. 
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts